Minggu, 31 Agustus 2014

Animasi Pergantian Siang dan Malam... 

Selamat Pagi.. Salam Blogger's, tetap Semangat Yahh... oke di pagi hari ini saya akan share sedikit ilmu saya tentang bagaimana membuat animasi pergantian Siang dan Malam menggunakan efek  Motion Tween dan Classic Tween  dan tentunya menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 yupz.. Check it out...

      Software yang digunakan :
      Adobe Flash Professional CS 6 / kebawah.
 
      Action Script :
      Tidak Ada.


  • Pertama-tama Aktifkan Aplikasi Adobe Flash anda dan mulai membuat kanvas baru ( File >> new >> Action Script 0.2).
buka aplikasi flash

Rename Layer 1 dengan nama BG (terserah anda) dan buat lah sebuah objek kotak berwarna hitam dengan rectangle tool ,  menutupi  seluruh area permukaan kanvas. Setelah itu klik kanan pada objek  ( convert to symbol >> rename (mc_langit malam) type (movie_clip)). Pastikan bahwa kotak yang dibuat menutupi  kanvas dengan tepat [Ukuran dan posisi kotak bisa diatur di tab Properties setelah kota diubah menjadi Symbol. Bila ukuran / posisi tidak tepat pada saat di publish akan terlihat aneh... hehe... ]


latar langit malam
Setelah itu rename Layer (terserah anda). Klik kanan pada mc_langit malam tersebut, pilih edit in place . pilih frame 245 , tekan F6 (ukuran frame bisa anda atur sesuai keinginan). Setelah itu ubah warna kotak di frame 245 dengan warna biru muda .

latar langit siang 

Kemudian pilih Frame 300, tekan F6 dan ubah lagi warna nya menjadi hitam.

frame 300 . latar hitam

Pilih Frame mana saja di antara 1 – 245 , klik kanan (Create Shape Tween), setelah itu klik kanan lagi di frame 245 – 300 (Create Shape Tween).

Efek Shape Tween

Pergantian latar Background telah selesai... coba anda Test Movie dengan meng klik (CTRL + ENTER) . saya yakin anda berhasil 100%. Kalau belum coba ulangi lagi sampai bisa yaa...
Tahap selanjutnya menambahkan objek matahari dan bulan
Oke... Kembali lagi ke scane 1 [klik link Scane 1]. Buat layer baru d atas latar background dan beri nama Sun-Moon . lalu buatlah gambar bulan dan klik kanan (Create to symbol >> rename (mc_moon) type: (movie clip)) .

objek bulan

Klik kanan pada Mc_moon >> edit in place.
Rename  layer (terserah anda) lalu klik kanan dan pilih Classic Motion Guide

 Classic Motion Guide

[Catatan : Classic Motion Guide adalah opsi pembuatan garis pemandu jalannya sebuah objek .]
Setelah itu buat objek lingkaran / oval menggunakan oval tool . hapus bagian dalam lingkaran dengan mengklik bagian dalam sekali setelah itu delete. Maka yang tersisa adalah garis luarnya saja.

garis pemandu 

Kembali ke gambar bulan di layer moon . ubah gambar bulan menjadi Symbol graphic dengan nama g_moon, kemudian atur posisi bulan tersebut di sebelah kiri stage . setelah itu anda lihat di tengah objek moon terdapat bulatan kecil, posisikan bulatan kecil itu di garis pemandu.

penempatan objek bulan di sebelah kiri degan garis pandu

Dan Pilih Frame 180 pada layer guide dan tekan F5 . selanjutnya anda pindah ke layer moon dan pilih frame 181 dan klik F6.atur posisi bulan berada di sebelah kanan stage.

penempatan objek bulan di kanan garis pandu

Pilih frame mana saja antara 1 – 180 pada layer moon . klik kanan kemudian pilih Create Classic Tween.

Classic Tween 

Sekarang Coba test Movie dengan klik (CTRL + ENTER) apakah berhasil animasi bulan berjalan di langit . eits ... tunggu dulu masih belum jadi Matahari nya mana ??? heheee...
Lanjuttt... buat layer baru dengan nama Sun di atas layer moon. Pilih frame 181 pada layer Sun. Klik kanan dan Klik (Insert Blank Keyframe). Kemudian buat gambar matahari. Ubah dengan klik kanan (convert to symbol >> rename : (g_sun) type : (graphic)). Dan tempatkan pada sebelah kiri Stage.
objek Matahari 

Pilih Frame 300 pada layer Guide dan tekan F5 . pilih Frame 300 pada layer sun dan tekan F6, aturlah posisi matahari pada sebelah kanan Stage.
Selanjutnya pilih Frame mana saja di antara frame 180 – 300 pada layer Sun . Klik kanan dan pilih Create Classic Tween

Create Classic Tween

Test Movie dengan menekan CTRL + Enter hasilnya adalah sebuah animasi Siang dan Malam dengan bulan dan matahari di langit.
Selanjut nya terserah anda menambahkan bakground apapun . 

disini saya tambahkan animasi mobil berjalan ...



Copyright @ 2013 My first Website. Designed by Templateism | MyBloggerLab

Label

animasi (2) Learning (1) SOLUTION (2) Turorial (2)

Follow us on Facebook